PANYABUNGAN (suaramahardika.co.id)- Dalam menciptakan santri yang sehat dan lingkungan yang bersih tentu harus memiliki peralatan yang cukup sehingga para santri dapat mengkonsumsi air minum yang higenis di lingkungan pondok pesantren (Ponpes).

Dalam hal itu Yayasan Mataniari Sian Madina bekerja sama dengan Islamic Aid Malaysia memberikan sumbangan alat pembersih air berupa water filter/R.O kepada sejumlah Ponpes yang ada di Kabupayen Mandailing Natal, Sabtu (22/2/2020).

Pemberian alat pembersih air kepada sejumlah Ponpes di Kabupayen Mandailing Natal tersebut dipusatkan di Ponpes Abin Nur Desa Mompang Jae Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara.

Perwakilan Islamic Aid Malaysia Jawahir Abdullah dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa bantuan alat pembersih air tersebut yang bekerja sama dengan Yayasan Mataniari Sian Madina merupakan salah satu bukti kepedulian kami terhadap Ponpes yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Mandailing Natal ini.

“Kita berharap dsngan adanya alat pembersih air ini nantinya akan dapat membantu para santri yang menimba ilmu agama di Ponpes yang ada di Kabupaten Mandailing Natal ini pada khususnya, selain itu diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menimba ilmu di Ponpes yang ada,” katanya.

Jawahir menambahkan, bahwa kegiatan ini bukan yang pertama dan terakhir, namun mereka (Yayasan Mataniari Sian Madina dan Islamic Aid Malaysia red) akan terus meemperhatikan pesantren yang ada di Madia.

“Kedepan kita akan melihat apa yang perlu dibantu, dimana bantuan tersebut tentu yang berguna dan bermanfaat kepada masyarakat dsmi untuk meningkatkan kehidupan terutama meningkatkan perekonomian masyarakat,” yerang Jawahir.

Sementera Ketua Yayasan Mataniari Sian Madina Indra Gunawan Hasibuan mengatakan bahwa ssbagai salah satu yayasan di Kabupaten Mandailing Natal sudah menjadi kewajiban memberikan pelayanan yang positif kepada masyarakat salah satunya dengan memberikan bantuan alat pembersih air kepada sejumlah Ponpes yang ada di Madina.

“Kita bekerja sama dsngan Islamic Aid Malaysia dalam memenuhi kebutuhan air bersih di Ponpes yang mendapat bantuan, diharapkan dsngan adanya bantuan ini maka kebutuhan air bersih di Ponpes yang dianggap layak mendapatkan akan dapat terpenuhi,” harap Indra.

Dilanjutkan Indra, bahwa Yayasan yang dipimpinnya tersebut bukan saja memberikan bantuan kepada Ponpes namun juga berupaya mengangkat perekonomian masyarakat dengan membuka ssjumlah usaha bagi masyarakat umum.

“Kita juga akan memberikan bantuan kepada masyarakat yaitu sejumlah bibit tanaman yang nantinya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, tentu ini kita bekerja sama dengan pemerintah, untuk itu kita mengharapkan dukungan dan do’a dari masyarakat sehingga yayasan ini dapat terus eksis di tengah tengah masyarakat,” ujar Indra Gunawan.

Perwakilan Ponpes penerima bantuan yang diwakili oleh Mudir Ponpes Abin Nur Ustadz Saukani Lc mengatakan berterimakasih kepada Yayasan Mataniari Sian Madina dan Islamic Aid Malaysia yang telah memperhatikan kebutuhan air bersih di sejumlah Ponpes yang ada di Madina ini.

“Dengan adanya alat pembersih air ini, kebutuhan air bersih kepada para santri akan dapat terpenuhi, untuk itu sekali lagi kami mengucapkan terimakasih dan kami bangga masih ada yang memperhatikan Ponpes,” ujarnya.

Usai memberikan bantuan alat pembersih air kepada sejumlah Ponpes yang ada di Mandailing Natal dilanjutkan dengan oenanaman pohon durian di kompleks Ponpes Abin Nur Mompang Jae.

Berdasarkan data yaang diterima Ponpes yang mendapatkan bantuan alat pembersih air tersebut ada 10 Ponpes termasuk diantaranya Ponpes Abin Nur, Al Mandili, Darul Tauhid, dan Ponpes Al Ikhlas Jambur.rel/sm-05