Berita  

Wujudkan GUG USU-BPKP Tindak Lanjuti Kerjasama

Pihak Rektorat USU dan Perwakilan BPKP Sumut

 

Pihak Rektorat USU dan Perwakilan BPKP Sumut
Pihak Rektorat USU dan Perwakilan BPKP Sumut

MEDAN(suaramahardika) : Universitas Sumatera Utara (USU) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) yang telah disepakati. Penandatanganan MoU antara USU dengan BPKP tersebut merupakan perpanjangan kerjasama antara kedua belah pihak yang sudah berlangsung sejak tahun 2007, 2009, 2011, dan tahun 2014.
Demikian disampaikan Wakil Rektor 2 USU DR. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar M.Ked (OG), Sp.OG(K) dalam keterangannya setelah melakukan kunjungan ke Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Sumtera Utara di Jl Jend Gatot Subroto Medan.
“Pada 15 Juli lalu, USU dengan BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara bersepakat untuk kembali memperkuat kerjasama dengan memperpanjang MoU antara kedua belah pihak tersebut yang sudah berlangsung sejak lama. Acara pelaksanaan MoU tersebut sudah dilakukan di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara,”katanya, Kamis(4/8/2016).
Dituturkan Wakil Rektor 2 USU itu juga, acara penandatangan MoU itu dihadiri langsung Rektor USU Prof Dr Runtung SH MHum, Deputi Kepala BPKP Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Dadang Kurnia Ak MBA, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Mulyana, Kabid Internal Pemerintahan Pusat Bambang Kardiono, Wakil Rektor IV Unimed, Direktur Politeknik Negeri Medan dan Kepala Bidang BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara beserta perangkat jajaran lainnya.
DR Muhammad Fidel menguraikan, implementasi dari penandatanganan MoU antara USU dan BPKP yang kesekian kalinya ini akan diwujudkan kedalam bentuk kegiatan Pendampingan dan Penguatan Tata Kelola Perguruan Tinggi (Good University Governance).
Dalam keterangan tambahannya, Wakil Rektor 2 USU tersebut juga menyatakan, “sebagai implementasi dari MoU ini, USU menerima pendampingan tentang Penguatan Tata Kelola Perguruan Tinggi (Good University Governance) dengan wujud kegiatan anatara lain, Penyusunan Standar Pelayanan (SPM) dan Penyusunan Standar Biaya Umum (SBU), Penyusunan Tarif, Penerapan manajemen resiko di lingkungan perguruan tinggi, Penyusunan Laporan Keuangan USU, Pengembangan sistem pengendalian internal dan Sistem informasi akuntansi dan keuangan di lingkungan USU, Bimbingan teknis akuntasi dan auditing bagi SDM di USU, serta Pendampingan terhadap kegiatan pengadaan barang dan jasa USU” ungkap DR Muhammad Fidel.
Sementara pada saat kunjungan ke kantor BPKP Sumut yang berlangsung dengan suasana penuh keakraban tersebut, DR Muhammad Fidel menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada BPKP beserta jajarannya. “Mewakili Rektor USU saya mengucapkan rasa terima kasih kepada Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara atas kepercayaannya untuk bekerjasama dengan Universitas Sumatera Utara,”katanya.
Masih dalam kesempatan yang sama, salah seorang unsur pimpinan di perwakilan BPKP Sumut Dra Maryam Harman Ak MSi mengingatkan tentang kebijakan yang berhubungan dengan laporan keuangan menuturkan, “Kebijakan yang kita lakukan sah-sah saja, asal tidak menyinggung gratifikasi dan akuntabilitas” ungkap Maryam.
Dalam pertemuan yang berlangsung lebih kurang selama satu jam tersebut juga dibicarakan hal penting lainnya terkait tentang pengawasan internal di Universitas Sumatera Utara, termasuk di Fakultas-Fakultas dan Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara yang tentunya akan melibatkan unsur Unit Audit Internal USU.(bm-4)