MEDAN (suaramahardika.co.id)-Beasiswa pada dasarnya bertujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu agar dapat mengenyam pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Karena itu, informasi tentang beasiswa diharapkan tersebar secara merata ke masyarakat.

 

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah saat menerima audiensi dari Tim Persiapan Sosialisasi Beasiswa Lintas Benua, di Ruang Rapat Wagub, Lantai 9, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Jumat (6/12/2019).

 

“Pada dasarnya, beasiswa sangat dibutuhkan masyarakat, namun masih banyak masyarakat yang tidak tahu bagaimana mendapat beasiswa, padahal membutuhkan, makanya sosialisasi informasi beasiswa harus sampai kepada seluruh masyarakat dan merata,” kata Wagub Musa Rajekshah.

 

Wagub juga menyampaikan rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut yang akan membuat kampung beasiswa. Kampung ini bertujuan untuk memberikan informasi lengkap tentang beasiswa yang ada di Indonesia maupun dunia. Mulai dari jenis beasiswa, persyaratan, hingga bagaimana mendapatkan beasiswa disediakan di Kampung Beasiswa.

 

Kampung beasiswa merupakan bentuk kehadiran Pemprov Sumut untuk masyarakat yang mencari beasiswa. Menurutnya selama ini banyak pelajar atau mahasiswa yang mencari atau mendaftar beasiswa tanpa bantuan pemerintah. Untuk itu, Wagub menginginkan Kampung Beasiswa dapat dirasakan masyarakat secara keseluruhan.

 

Ke depan, setelah kampung beasiswa provinsi, kabupaten/kota diharapkan juga membuat kampung beasiswa versi kecil. “Jadi nanti pusatnya di sini (provinsi),” kata Musa Rajekshah.

 

Sebelumnya, Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Sumut Sakti menyampaikan, perkembangan persiapan pelaksanaan Sosialisasi Beasiswa Lintas Benua yang akan diadakan di 5 kabupaten/kota. Yaitu Kabupaten Karo, Binjai, Langkat, Medan, dan Deliserdang.

 

Kegiatan sosialisasi tersebut diadakan oleh Dinas Pendidikan Sumut dan didukung beberapa forum pencari beasiswa Sumut yang hadir pada kesempatan tersebut. Di antaranya Forum Pemburu Beasiswa, Komunitas Beasiswa Unggulan Regional Medan, dan Yayasan Akademi Muda Mandiri.

 

Sosialisasi diadakan mulai tanggal 14 hingga 21 Desember 2019 secara bergantian di tiap daerah. “Kami ingin melaporkan kepada Bapak Wakil Gubernur, bahwa acara sosialisasi tersebut sudah siap dilaksanakan di 5 tempat itu,” kata Sakti.

 

Rizki Nurjehan, salah satu narasumber yang akan mengisi kegiatan tersebut mengatakan sosialisasi akan diisi bermacam kegiatan yang terkait dengan informasi mengenai beasiswa. “Mulai dari pendaftaran hingga informasi beasiswa apa saja yang tersedia,” jelas Rizki, sembari berharap masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan tersebut untuk mendapatkan berbagai informasi tentang beasiswa.

 

Turut hadir Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe, Kepala Balitbang Provinsi Sumut Irman, perwakilan Dinas Pendidikan dan BAPEDDA Sumut. sm-03