MEDAN (suaramahardika.co.id)- Tenaga pengajar saat ini dituntut harus mengikuti kemajuan teknologi pada era 4.0. Hal ini bertujuan untuk mengefektifkan proses pembelajaran terutama dalam penyimpanan dan pengolahan data termasuk penilaian bagi siswa.

“Guru yang hanya mengandalkan agenda atau catatan sebagai wadah dalam menyimpan nilai siswa sudah tidak efektif lagi saat ini terutama pada K13, dimana rapot siswa sudah menggunakan aplikasi,” ujar Tim Abdi Masyarakat UMN Washliyah yang diketuai Dr. Madyunus Salayan, M.Si dan Amanda Syahri Nasution, S.Pd., M.Pd selaku anggota ketika melaksanakan pengabdian di SD Negeri No 101809 AjiBaho, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dikatakannya, pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru dalam mengolah nilai siswa dengan bantuan Microsoft Excel.

“Dengan adanya pengabdian ini diharapkan para guru dapat mempergunakan Excel sebagai wadah penyimpanan data nilai siswa sehingga mempermudah guru dalam mengolah nilai,” terang Madyunus.

Sementara itu, ditambahkan Amanda, adapun materi yang diberikan dalam kegiatan tersebut adalah mengurutkan data nilai dari rendah ke tinggi, tinggi ke rendah, mencari nilai minimum dan maksimum, mencari jumlah (total), mencari nilai rata-rata serta fungsi di dalam program Microsoft Excel.

Kepala Sekolah SD Negeri Nomor 101809 AjiBaho, Ngatiman, S.Pd sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut dia, kegiatan yang diikuti sebanyak 13 orang yang terdiri dari guru dan pegawai ini sangat bermanfaat terutama untuk meningkatkan wawasan dan kapasitas tenaga pengajar dan pegawai di sekolahnya.sm-03