ASAHAN (suaramahardika.co.id): Pemerintah Kabupaten Asahan, berhasil menekan angka penderita kanker serviks dengan meningkatkan uji inspeksi visual asam asetat (IVA) bagi perempuan di kabupaten tersebut.

“Progres tes IVA di Asahan sudah mencapai angka di kisaran 80 persen dan itu berhasil menekan angka penderita kanker serviks pada perempuan di Asahan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Asahan dr Aris Yudhariansyah, Senin (8/7/2019).

Berdasarkan data pada 2019, katanya, dari 125.940 orang yang diperiksa hanya dua orang yang menderita kanker serviks. Menurut dia, penderita kanker serviks dapat diminimalisir karena sudah dilakukan deteksi sejak dini.

“Pemkab Asahan memang serius menekan angka penderita kanker serviks yang otomatis menekan angka kematian perempuan,” katanya. Keberhasilan menekan angka penderita kanker serviks itu, lanjutnya, membuat Pemkab Asahan pada 2017 mendapatkan penghargaan terbaik se-Indonesia untuk pelaksanaan tes IVA.

“Pemkab Asahan terus berupaya menekan angka kematian termasuk melalui banyak program lainnya,” ujar Aris. Mengenai pengatasan permasalahan kanker serviks, Kabupaten Asahan mampu menekan angka korban secara drastis dalam setiap tahunnya.

“Kabupaten Asahan telah berhasil menekan angka korban akibat kanker serviks, strateginya dari mulai ibu-ibunya kita gerakan supaya peduli dengan kesehatan. Karena kalau ibu sehat, bapak sehat, dan anak juga sehat. Sekeluarga semuanya sehat dan inilah namanya investasi hati,” kata Aris.sm-05