MEDAN (suaramahardika.co.id):Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 Tahun 2019 Kota Medan yang akan dilaksanakan di Lapangan Pertiwi, Jalan Budi Pembangunan, Kelurahan Pulo Brayan Kota, Kecamatan Medan Barat, Kamis (5/6/2019) mendatang, akan diisi dengan berbagai kegiatan, salah satu kegiatan utamanya yakni menggelar lomba masak serba ikan.

Demikian terungkap dalam rapat koordinasi yang  dipimpin Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kadis Dinas Ketahanan dan Pangan (Ketapang) Kota Medan Emilia Lubis di Balai Kota Medan, Senin (26/8/2019).

Emilia menjelaskan, dipilihnya lomba masak serba ikan bertujuan untuk mengenalkan sekaligus mengkampanyekan kepada masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan secara rutin, terlebih bagi anak- anak di masa pertumbuhannya. Diharapkan, peringatan ini diharapkan memberi kesadaran bagi masyarakat khususnya para orang tua.

“Lomba masak serba ikan yang kita gelar ini mengangkat tema, “Ragam Menu Masakan Ikan Untuk Menyehatkan Masyarakat, Mencegah Stunting dan Mencerdaskan Anak”. Melalui lomba ini kita harapkan para orang tua dapat megedukasi para orang tua akan pentingnya makan  ikan bagi kesehatan, terutama kecerdasan anak,” kata Emilia.

Selain lomba masak serba ikan, jelas Emilia, juga akan diisi dengan sejumlah kegiatan lainnya seperti sosialisasi dan workshop tentang pangan B2SA, lomba cerdas cermat bagi anak sekolah dasar (SD) tentang B2SA, lomba masak kudapan berbasis non beras terigu, festival B2SA bagi TP PKK dan UKM Kecamatan se-Kota Medan.

Di samping itu imbuhnya lagi, Pemko Medan melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar pameran produk segar dan olahan pelaku usaha home industry kecil bidang pangan serta pelaksanaan gerakan sadar pangan lokal dan pelestarian pangan tradisional juga turut memeriahkan HPS tersebut.

Agar pelaksanaan seluruh kegiatan berjalan sukses dan lancar, Emilia berharap kepada seluruh peserta rapat yang dihadiri sejumlah perwakilan dari OPD seperti Dinas Pertanian dan Kelautan, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan serta kecamatanberharap agar OPD terkait dapat menjalankan tupoksinya dengan penuh tanggung jawab.

HPS yang setiap tahunnya diperingati bilang Emilia, diharapakan dapat menjadi wadah sekaligus sarana edukasi bagi masyarakat guna mendorong penerapan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA). Tahun ini, ungkapnya, HPS mengusung tema, “Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045’’.

Rapat koordinasi ini digelar terang Emilia, guna memperkuat dan membangun koordinasi fungsional agar pelaksanaan HPS dapat berjalan efektif. Terlebih kegiatan ini juga dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan nasional sebagai upaya mendukung pemerintah mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia 2045.

‘’Selain itu juga menstimulus dan memotivasi para stakeholder untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan ketahanan pangan sekaligus penyebaran tekhnologi yang efektif dan efisien untuk peningkatan produksi pangan. Hal ini tentunya selaras dengan tema HPS tahun 2019 yang diusung kali ini. Untuk itu, kami berharap seluruh OPD dapat turut serta mensukseskan jalannya acara ini,’’ kata Emilia. sm-04