Irsan Hasibuan S.Pd memperlihatkan kotak amal Infak dan sadaqoh SMP Negeri 1 Kotanopan, dari siswa untuk siswa.
Irsan Hasibuan S.Pd memperlihatkan kotak amal Infak dan sadaqoh SMP Negeri 1 Kotanopan, dari siswa untuk siswa.
Irsan Hasibuan S.Pd memperlihatkan kotak amal Infak dan sadaqoh SMP Negeri 1 Kotanopan, dari siswa untuk siswa.

MADINA (suaramahardika):
” Pendidikan tidak bisa dilepaskan dari pembentukan karakter siswa. Pendidikan karakter  berpengaruh kepada  tindakakan,  cara berpikir dan bersikap seorang siswa,”

Hal tersebut diutarakan Kepala SMP Negeri 1 Kotanopan Irsan Hasibuan S.Pd, ,Sabtu (22/10/2016)

Dikatakannya, untuk menuju  sekolah berkarakter baik, tidaklah mudah. Butuh kerja keras, sinergi, dan ketersediaan masing-masing individu dalam rangka mengembangkan misi lembaga pendidikan, termasuk dengan membuat program ataupun formula baru meski dengan sederhana namun itu cukup berarti dalam membentuk jiwa karakter siswa.

“Harus kita mulai dengan hal yang sederhana, menciptakan kebiasaan yang bermanfaat, seperti membuat kotak amal infak dan sadakah di sekolah. Hal ini akan membentuk karakter siswa tentang sosial,” katanya.

Selain beramal juga mendidik mereka untuk berbagi dengan sesama. Karena kotak amal infak dan sadaqah yang kita buat di sekolah adalah dari siswa untuk siswa.

“Kita sebagai guru atau pihak sekolah hanya sebagai pembimbing atau pembina dan memberikan pengarahan terhadap mereka,” ujar Irsan.

Tujuan yang sangat mulia tersebut jadi kebiasaan bagi siswa-siswi kita, karena tidak ada paksaan, mereka secara suka rela berinfak ataupun bersedekah barapa adanya, dimana dana yang terkumpul, akan dipergunakan oleh panitia untuk membantu siswa –siswi yang tidak mampu agar terus melanjutkan sekolah.

“Panitia nantinya akan melaporkan, berapa jumlah dana yang terkumpul dari kotak amal itu. Selanjutnya panitia akan menghitung berapa siswa yang layak mendapat bantuan, Seperti membeli perlengkapan sekolah, pakaian seragam siswa yang kurang mampu, dan lainya yang bermanfaat untuk menunjang keperluan sekolah mereka, biasanya akan diserahkan pada hari guru nasioanl, akhir tahun pendidikan dan saat penerimaan siswa baru,” ucap Irsan.

Selain itu, sebut Irsan, “Di sekolah kita ada kebiasaan setiap peringatan hari guru nasional, guru akan memberikan bingkisan kepada siswa, ini merupakan ujud kepedulian guru di sekolah kita untuk berbagai, karena  itu, kita di sekolah ini memiliki satu ikatan, ini merupakan salah satu contoh pembentukan karakter   di sekolah.(bm-4)