dr Delyuzar
dr Delyuzar
dr Delyuzar

MEDAN (suaramahardika): Mengatur menu makanan bergizi sangat dibutuhkan saat kita menjalankan ibadah puasa. Agar tubuh tidak cepat lelah, makanan yang mengandung kedelai seperti tempe sangat bagus di konsumsi.

Dokter Patologi Anatomi Delyuzar Kamis (16/6/2016) mengatakan kedelai yang dikandung tempe mempunyai kandungan GI (Glikemik Indeks) rendah. Makanan yang mengandung GI rendah, lanjutnya, dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, ini merupakan salah satu cara menjaga stamina.

“Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup saat sahur untuk menghindari dehidrasi selama puasa. Apalagi dengan cuaca yang tidak tentu seperti saat ini,” ujarnya.

Namun, sambungnya, saat berbuka puasa kita perlu memakan makanan ber-indeks glikemik tinggi yang meningkatkan gula darah dengan cepat. Itulah mengapa kita dianjurkan memulai buka puasa dengan makanan dan minuman manis.

Dengan berpuasa, kata Delyuzar, berarti sistem pencernaan beristirahat sehingga memberi kesempatan tubuh membuang racun yang menumpuk. Ketika organ pencernaan beristirahat, tubuh akan melakukan detoksifikasi melalui aliran darah, pori dan organ pembuangan lain.

“Saat puasa, lemak tubuh yang tidak bermanfaat dan racun yang terakumulasi dalam sel tubuh akan dikeluarkan. Sel yang sakit, sel-sel mati, lapisan lendir menebal di dinding usus, limbah aliran darah juga dikeluarkan lewat hati, limpa, dan ginjal,” tandasnya. (bm2)