gedung-universitas-hkbp-nommensen-medan
MEDAN (suaramahardika): Kapolda Sumut yang baru Irjen Pol Dr. H. Rycko Amelza Dahniel berencana akan memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas HKBP Nommensen (UHN), Medan sekitar 17 atau 18 November mendatang.

Hal itu disampaikan Binmas Poldasu Kompol (Pol) Adel Samosir saat melakukan pertemuan dengan Rektor UHN, Sabam Malau khusus untuk membahas rencana kuliah umum Kapoldasu yang baru di UHN diruangan rektor, kemarin.  Kompol Adel Samosir didampingi AKP Noerhaini. Sedangkan, Rektor UHN didamping wakil rektor 1, Haposan Siallagan dan wakil rektor III Sindak Hutauruk.

Binmas Kapoldasu, Kompol Adel Samosir mengatakan, tujuan Kapoldasu memberi kuliah umum ini adalah untuk menjalin silaturahmi dengan institusi pendidikan tinggi sekaligus mengenal berbagai kampus di Provinsi Sumut seperti, UHN. Disamping itu, dalam rangka mendukung tugas kepolisian di wilayah Polda Sumut ini sebagai pelayan masyarakat.

“Rencananya kuliah umum akan dilakukan selesai UHN melaksanakan UTS, sekitar 17 atau 18 November,”ujarnya.

Rektor UHN, Sabam Malau mendukung rencana kuliah umum yang akan dilakukan Kapoldasu yang baru. Apalagi, UHN berkomitmen meningkatkan SDM dikampus, sehingga kuliah umum dari pejabat dan tokoh sangat diperlukan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman.  Tidak hanya itu, UHN juga siap bermitra strategis dengan Poldasu dalam hal mensukseskan tugas masing-masing.

“Kita ingin mewujudkan visi UHN goes internasional, karena saat ini kita sedang mengahadapi era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Jadi, kuliah umum itu perlu sekali bagi kami. Jadi, kita akan sangat mendukung rencana Kapoldasu kuliah umum di UHN,”ucapnya.

Pada kesempatan itu, rektor juga membeberkan 8 program untuk mewujudkan UHN goes internasional. Diantaranya, pengakuan internasional kepada alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri, layanan dengan mutu kelas dunia, kuliah internasional, publikasi ilmiah internasional, program studi campuran internasional, pertukaran dosen internasional, pertukaran mahasiswa internasional, dan dua-gelar internasional.

“Berbagai hasil telah kita capai antara lain, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani nota kesepahaman dengan 27 Universitas terkemuka di  Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan Malaysia,”sebutnya.(bm-3)