MEDAN (suaramahardika.co.id) : Masih banyaknya penyelenggara TK/PAUD yang belum dapat mengelola kegiatan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan. Hal tersebut karena kurangnya pengetahuan pendidik/guru tentang pengelolaan pembelajaran yang tepat serta ditambah lagi terbatasnya kesempatan mengikuti pelatihan yang merupakan kendala di lapangan bagi pendidik TK/PAUD.

Demikian dikatakan  Bupati Batubara Zahir melalui Kadis Pendidikan Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus pada saat membuka Pendidikan dan Pelatihan Guru Pendamping Muda berjenjang tingkat Guru TK/PAUD se Kabupaten Batu Bara tahun 2019  di Buffet Mangga Sei Suka Tg. Gading Batu Bara, Selasa (1/10/2019).

Zahir juga mengatakan bahwa untuk mengatasi masalah tersebut maka, dibutuhkan pelatihan/diklat khusus bagi pendidik TK/PAUD agar bisa menjadi pendidik yang profesional dibidangnya, seperti yang kita lakukan saat ini.

Oleh karenanya Zahir berpesan untuk mengikuti Diklat ini dengan sungguh sungguh, karena ilmu yang guru-guru dapatkan dari Diklat  ini sangat berguna bagi TK/PAUD tempat para ibu pendidik mengabdi.

Masih kata Zahir   Diklat bagi Pendidik TK/ PAUD ini yang diselenggarakan oleh TK IT Al Ihya Tanjung Gading bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara yang didukung oleh Direktorat pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud RI tahun 2019.

“Sebagai penyelenggara tentu dibutuhkan persyaratan persyaratan khusus, oleh karenanya mari kita penuhi persyaratan dimaksud agar tahun depan semakin banyak TK/PAUD kita bisa sebagai penyelenggara yang dihunjuk dan dipercayakan oleh Kemendikbud RI,”  tambahnya.

Diakhir sambutannya  Zahir menekankan agar para guru TK/PAUD lebih berorientasi pada pendidikan karakter, pembiasaan perbuatan baik teruslah tanamkan dan ajarkan pada anak anak kita seperti bersalaman, berdoa, saling menyapa dan lainnya sehingga anak perlu diberikan lima nilai utama penguatan pendidikan karakter, yaitu religius, nasionalis, mandiri, integritas dan gotong royong.

Ketua panitia Wina Anggriani, S. Pd mengatakan bahwa melalui Diklat berjenjang tingkat dasar ini, kompetensi guru bisa lebih ditingkatkan lagi sehingga profesionalisme guru dalam mengasuh dan membimbing anak anak kelompok bermain (TK/PAUD sebagaimana yang diharapkan Pak Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M. AP., dapat lebih ditingkatkan.

Wina juga mengatakan peserta diklat ini diikuti oleh 80 orang pendidik TK/PAUD se Kabupaten Batu Bara dilaksanakan selama 5 hari sejak tanggal 1 sd 5 Oktober 2019 yang dibagi dalam 2 (dua) kelas di Buffet Mangga Sei Suka Tg Gading Kabupaten Batu Bara.

Sedangkan Penanggung jawab Diklat, Sri Prihartini, S. Pd mengatakan bahwa pendidik TK/PAUD harus bisa memahami materi dasar yang meliputi konsep dasar TK/PAUD, seperti Perkembangan anak, cara belajar anak usia dini (AUD), kesehatan AUD, dapat membuat rencana pembelajaran, mampu melakukan penilaian perkembangan anak, memilii etika dan karakter pendidik AUD dan lainya, ujarnya Ketua IGTKI Kabupaten Batu Bara ini.

Apabila guru TK/PAUD-nya sudah berkompeten, tentu akan menciptakan sebuah pembelajaran yang baik dan melahirkan generasi emas yang berkarakter, ” tambah Sri.

Setelah diklat berjenjang tingkat dasar ini ada pula Diklat lanjutan dan dan Diklat mahir semoga Batu Bara bisa mendapat kepercayaan kembali untuk melaksanakannya, harap ketua IGTKI ini.

Hadir pada saat pembukaan tersebut sejumlah  narasumber yakni, Yusnani Tambunan dan Tim, Kabid GTK, Kabid PNFI Disdik Batu Bara, Suherman, M  Effendy.sm-05