Hj. Tri Niswati Utami

Hj. Tri Niswati Utami
Hj. Tri Niswati Utami

Hj. Tri Niswati Utami anak ketiga dari pasangan Alm Drs. H. Sukiyo dan Hj. Yahkurni lahir pada tanggal 8 November 1972 menamatkan pendidikan dasar di Batang Kuis tahun 1985, dari SMP Tri Niswati Utami yang akrab disapa oleh teman temannya Titin melanjutkan sekolahnya ke Madrasah Aliyah Negeri Medan yang sekarang MAN I Medan.

Setelah menyelesaikan pendidikan di MAN I Medan beliau mendaftar ke Universitas melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) memilih Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara Medan, selain mendaftar di USU Titin juga mendaftar di Akademi Keperawatan Departemen Kesehatan RI Medan.

Seiring dengan berjalannya waktu, pengumuman hasil ujian masuk PTN dan AKPERpun dipublish di media massa terbitan Medan tahun 1991, Titin dinyatakan Lulus di AKPER dan Fakultas Kedokteran GIGI USU kegembiraanpun dirasakan oleh Titin, kegembiraan lulus di FKG USU disampaikan kepada orang tuanya dan kegembiraan tersebut direspon baik oleh semua keluarga. Namun pada saat itu dua kakaknya: Retno Sayekti dan Rini Daraini yang saat itu juga masih kuliah serta dua adiknya Indah Fitri Lestari dan Muhammad Iqbal masih duduk di Bangku SMA, membuat Titin rela untuk tidak memilih mendaftar ulang di FKG USU mengingat biaya untuk kuliah di Kedokteran gigi cukup besar, sehingga Titin akhirnya memilih untuk kuliah di AKPER atas saran dari orang tua.

Setelah menyelesaikan pendidikan di Akademi Keperawatan Dep. Kes. RI Medan tahun 1994 beliau melamar di Rumah Sakit Umum Haji Medan, dan diterima bekerja di Ruangan ICU/ICCU sebagai perawat di RSU Haji Medan. Aktivitas ini dilakoninya selama kurang lebih tiga tahun. Status sebagai Perawat yang bekerja pada shift pagi-siang dan malam, tidak membuatnya surut untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana. Disela-sela aktivitasnya sebagai perawat Tri Niswati Utami menyempatkan waktunya untuk kuliah di Fakultas F.KIP Universitas Muslim Nusantara Medan dan selesai pada tahun 2000.

Baginya mengantongi ijazah D3 keperawatan bukanlah akhir dari perjalanan dalam menempuh pendidikan, belajar merupakan “kegemaran”nya sejak kecil. Tahun 1997 beliau pindah bekerja di Yayasan Sehat Medan menjadi tenaga pengajar di Akademi Keperawatan Sehat Binjai.

Dua tahun setelah menikah dengan Hamdan Noor Manik, SP tepatnya pada tahun 2002 Tri Niswati Utami, S.Pd melanjutkan kuliahnya di PASCA SARJANA Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Kesibukan bekerja dan menjadi Ibu rumah tangga bukan menjadi alasan untuk berhenti menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi, ini dibuktikan olehnya dalam waktu satu tahun delapan bulan (1.8 tahun) tepatnya pada tahun 2004, Titin menyelesaikan pendidikan S2 Magister Kesehatan, konsentrasi ilmu Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai Wisudawan berprestasi.

Delapan tahun setelah menyelesaikan pendidikan dari Pasca Sarjana USU tepatnya pada tahun 2012 beliau mencoba kembali untuk mendaftar kuliah Program Doktor di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya.

Hj. Tri Niswati Utami, S.Pd., M.Kes harus rela berpisah dengan buah hatinya Naili Nuril Aufa Manik dan Hubban Fathani Manik yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar pada saat itu, dukungan, motivasi dan kerelaan dari suaminya  H. Hamdan Noor Manik, SP membuat ibu dua anak ini semakin gigih untuk menyelesaikan Program Doktor.

Pada tanggal 24 Mei 2016 yang lalu, melalui ujian Terbuka Promosi Doktor ibu berumur 43 tahun ini dihadapan sembilan orang Dosen Peyanggah dan lima belas undangan Akademik melalui orasi Ilmiah beliau mempertahankan Disertasinya dengan judul “PERAN PELATIHAN SPRITUAL TERHADAP PERUBAHAN PERSEPSI DAN PERBAIKAN DISTRESS PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM HAJI MEDAN (PENDEKATAN PSIKONEUROMUNOLOGI).

Prosesi sidang terbuka Promosi Doktor tersebut memakan waktu selama dua jam, setelah para dosen penyanggah melakukan rapat tertutup tepat pukul 12.00 melalui ketua Ujian sidang Terbuka Doktor memutuskan Hj. Tri Niswati Utami, S.Pd., M.Kes lulus dengan Yudisium Cumalaude dengan masa studi tiga tahun delapan bulan (3,8 bulan) dan Alumni ke Sembilan Puluh (90) sejak lahirnya Program Doktor Tahun 2008 di UNAIR Surabaya.

Dipenghujung acara tersebut Ketua Sidang Ujian Doktor Terbuka; Dr. Merryana Andriani, SKM., M.Kes meminta Dr. Hj. Tri Niswati Utami, S.Pd., M.Kes menyampaikan kata sambutan. Dalam sambutannya doktor baru ini mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Civitas Akademika UNAIR Surabaya, Promotor, Co-Promotor, Dosen Penyanggah, Undangan Akademik dan seluruh Staf  FKM. Ungkapan yang sama juga disampaikan kepada Civitas Akademika UIN Sumatera Utara, kepada Husni Kamil Manik (Ketua KPU RI) disela-sela kesibukannya menyisihkan waktu untuk hadir pada acara sidang terbuka tersebut dan terimakasih khususnya kepada putri dan putranya: Naili Nuri Aufa Manik, Hubban Fathani Manik dan suami H. Hamdan Noor Manik, SP.

Kemauan, ketekunan dan kesungguhan telah dibuktikan oleh Doktor muda ini dalam menuntut ilmu. Cita-cita yang dulu tertunda menjadi dokter gigi, kini terwujud menjadi Doktor Ilmu Kesehatan dan tentunya semua ini berkat ridho keluarga, khususnya orang tua, suami dan seluruh keluarga besar yang senantiasa memberi dukungan, doa, semangat dan motivasi yang tak pernah putus sepanjang perjalanan menempuh pendidikan Doktor tersebut. Harapan dan tugas berat untuk doktor muda ini kiranya ilmu yang diperoleh dapat didarma baktikan kepada keluarga khususnya, dan seluruh masyarakat Indonesia umumnya (amiin). (bm-4)