MEDAN (suaranahardika.co.id)- Tanggung jawab seorang dosen harus menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Pendidikan dan penelitian dilakukan di dalam kampus, namun untuk pengabdian dosen harus terjun langsung memberi manfaat di tengah masyarakat.

Seperti pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU) bersama mahasiswa menggelar pembuatan sanitizer dan pembagian masker di beberapa titi di daerah Pakam dan Perbaunagan, (5/6/2020) lalu.

Rumah Kompos Juli Tani dan masyarakat Petani sekitar Pakam menjadi target awal kegiatan ini. Setelahnya, di pinggir jalan Pakam, kemudian untuk Perbaungan sendiri di titik sentral sekitar jalan lintas Medan-Tebing Tinggi dan pajak melati Perbaungan.

Kegiatan ini diawali dengan pembuatan sanitizer yang dilakukan oleh Dosen-dosen Unusu dengan lintas ilmu yang berbeda, yaitu Budidaya Pertanian, Lily Novianty, M.Si., dan Siti Khairani, M.Agr., Prodi Ilmu Teknologi Pangan, Sisilia Florina yanti, M.Si., Prodi Agribisnis Idria Adhany, M.P, dan Prodi Ilmu Gizi Siti Nurlani Harahap, M.Pd., serta Prodi Manajemen Rara Astili Siregar, M.Pd. Selain itu, turut serta dalam mendistribusikan sanitizer dan masker tersebut Dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Tri Astari, M.Pd. dan Vivi Uvaira Hasibuan, M.Pd.

Ketua pengabdian masyarakat yang sedang menempuh pendidikan Doktoral di Universitas Sumatera Utara ini, Sisilia mengatakan, kegiatan ini didasari oleh keprihatinan Dosen-dosen Unusu terhadap situasi dan kondisi yang terjadi saat ini.

“Saat ini kita lihat semakin banyak korban dari virus Covid-19. Oleh karena itu, kami berinisiatif membuat sanitizer dan membagikannya ke masyarakat di daerah Pakam dan Perbaungan. Untuk masker juga hasil karya dari mahasiswa Unusu sendiri,” terang Sisilia.

Ditambahkan Tri, mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat karena penggunaan sanitizer dan masker adalah salah satu cara yang tepat dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.sm-03