20160429135807-1-kazuhiro-sugiura-dosen-cosplayer-di-keio-university-graduate-school-of-media-design-001-tantri-setyorini
Kazuhiro Sugiura, dosen cosplayer di Keio University Graduate School of Media Design

MAHARDIKA, Mahasiswa pascasarjana di Keio University Graduate School of Media Design, Tokyo cukup beruntung. Kuliah mereka pasti jauh dari membosankan. Pasalnya salah satu dosen kerap mengajar dengan cosplay yang mengundang gelak tawa.

Perkenalkan Kazuhiro Sugiura, salah satu dosen yang bisa disebut sebagai ikon perguruan tinggi tersebut. Sugiura adalah dosen untuk dua mata kuliah sekaligus, yaitu Komputer dan Sains Internet serta Budaya Otaku. Uniknya, Sugiura mengajar dalam balutan kostum.

Alih-alih setelan berdasi, Sugiura lebih suka tampil nyeleneh dengan pakaian ala karakter anime. Hari ini masuk kelas dengan dandanan ala Shingeki no Kyojin (Attack on Titan), kali lain dia berdandan imut dengan kostum Digi Charat.

Ketika foto-fotonya tersebar di internet, Sugiura langsung jadi bahan pembicaraan netizen Jepang. Banyak yang merasa heran dengan kelakuan dosen satu ini. Pasalnya, universitas tempat Sugiura mengajar termasuk salah satu lembaga pendidikan paling dihormati di Jepang. Namun Sugiura sudah menjalankan kebiasaan ini sejak tahun 1996.

Dilansir Rocketnews24 (25/4), Sugiura membuat sendiri beberapa kostumnya. Dia berkreasi dengan bahan PVC, satin, dan berbagai aksesoris penunjang. Tentu saja, para mahasiswa jadi terhibur dengan kehadirannya. Bahkan tak sedikit yang mengajak sang dosen selfie.