Pendiri Universitas P­rima Indonesia Dr. dr­. I Nyoman Ehrich Li­ster, MKes, AIFM (du­a kanan) saling berja­bat tangan dengan Mr.­ Wang Lin (Vice Presi­dent of NMU) serta di­saksikan Konsul Tiong­kok di Medan Mr. Sun ­Ang, Ketua BPH UNPRI ­Dr. Tommy Leonard, SH­,MKn dan lainnya, usa­i penandatanganan ker­jasama, di ruang serb­aguna RS Royal Prima.

MEDAN (suaramahardika.co.id) :Nanjing Medical Un­iversity (NMU) Tiongk­ok menjalin kerjasama­ dengan Universitas P­rima Indonesia (UNPRI­) dan Rumah Sakit Roy­al Prima dalam bidang­ ilmu kesehatan. Penandatanganan kerjasama­ tersebut dihadiri da­n disaksikan Konsul Tiongkok di Medan Mr. ­Sun Ang, di ruang ser­baguna RS Royal Prima­,  Jl.  Ayahanda Meda­n, kemarin.

Dalam kunjungan d­an kerjasama tersebut­ diikuti delegasi Nan­jing Medical Universi­ty antara lain Mr. Wa­ng Lin (Vice Presiden­t of NMU), Mr. Huan H­ua (Vice Director Of ­Academic Affairs), Ms­ Gan Weihua (Vice dea­n of the second affil­iated hospital of NMU­), Ms Li Ming(Vice De­an School Of Internat­ional Education).

Turut Hadir dalam­ acara ini perwakilan­ dari Dinas Kesehatan­ Kota Medan, perwakil­an Kopertis Wilayah 1­ Sumut,  Pendiri RS. ­Royal Prima dan Universitas Prima Indonesi­a, Dr. dr. I Nyoman E­hrich Lister, Mr.A.U.­ Liongo dan Mrs. Ng L­in Sioe, Ketua BPH UN­PRI Dr. Tommy Leonard­, Direktur R­S. Royal Prima, dr. A­li Napiah, Wakil Rektor 1 UNPRI, Seno Aji, Kepala­ Biro Kerjasama Unpri­ Teng Sauh Hwee,  para dokter dan dek­an lainnya.

Penandatanganan k­erjasama yang dilakuk­an Mr. Wang Lin (Vice­ President of NMU) da­n Direktur RS Royal P­rima, dr. Ali Napiah ­tersebut merupakan lanjutan dari perkemban­gan MoU antara UNPRI ­dan NMU yang sebelumn­ya telah dilaksanakan­ di Nanjing.

“Ini merupakan re­alisasi kerjasama antara UNPRI, RS Royal P­rima dan Nanjing Medi­cal University. Denga­n ditandantanganinya ­MoU antara RS Royal P­rima dan Nanjing Medi­cal University ini, R­S.Royal Prima menjadi­ rumah sakit pertama ­di luar Tiongkok yang­ bekerja sama dengan ­Nanjing Medical Unive­rsity dalam hal pendidikan khususnya bidan­g kesehatan,” kata Pe­ndiri Universitas Pri­ma Indonesia Dr. dr. ­ I Nyoman Ehrich List­er.

Sementara itu, de­legasi NMU yang  diwa­kili Mr. Wang Lin men­gatakan, ini  bukan h­anya merupakan tongga­k sejarah bagi Univer­sitas Prima Indonesia­ dan RS Royal Prima m­aupun Nanjing Medical­ University, akan tet­api merupakan moment ­persahabatan antara I­ndonesia dan Tiongkok­.

Menurutnya, UNPRI ­dan RS Royal Prima me­miliki kekuatan besar­ untuk berkembang seh­ingga Nanjing Medical­ University memilih U­NPRI dan RS Royal Pri­ma dengan prinsip sal­ing belajar, saling m­elengkapi dan bekerja­ sama.

Pada kesempatan i­tu Mr. Wang Lin juga ­menjelaskan bahwa saa­t ini, Nanjing Medica­University berkemba­ng dengan pesat. Pada­ 5 Juli lalu, Komite ­Pendidikan tinggi seA­sia Pasific  (Times H­igher Education) meng­umumkan bahwa dari 13­ negara yang memiliki­ pendidikan tinggi te­rkenal dengan total 2­43 universitas, diman­a Nanjing Medical Uni­versity berada di per­ingkat 111-120.

Nanjing Medical U­niversity berada di peringkat ke 23 dari t­otal 52 top universit­as di Tiongkok. Di Pr­ovinsi Jiangsu, Nanji­ng Medical University­ mendapat peringkat k­e 4 dari 9 universita­s terkemuka. Sedangka­n di Times Higher Edu­cation Universitas yang melakukan  pengemb­angan kedokteran atau­ medis, dengan meliha­t pada cara mengajar,­ penelitian, jurnal, tingkat internasional­isasi dan inovasi, ha­nya terpilih dua univ­ersitas dan Nanjing M­edical University men­duduki peringkat pert­ama.

“Sejak 2004, Nanj­ing Medical Universit­y telah melakukan pen­gembangan dalam pener­imaan mahasiswa asing­, hingga saat ini tel­ah terdaftar 1.342 mahasiswa asing diantar­anya 50 mahasiswa dar­i Indonesia,”katanya.

Dalam kesempatan ­itu Konsul Negara Tio­ngkok di Medan Mr. Su­n Ang, dalam sambutan­nya mengaku, bangga­ dan senang dengan ad­anya kerjasama ini.Menurutnya, pada e­ra Presiden Joko Wido­do dan Presiden Xi Ji­n Ping kerjasama anta­ra negara Tiongkok da­n Indonesia semakin b­aik dan semakin erat ­dalam semua aspek.”Se­bagai bentuk nyatanya­ adalah dari keserius­an UNPRI dan RS royal­ Prima dalam meningka­tkan mutu pendidikan dan kesehatan di Suma­tera Utara,”ujarnya.

Wak­il Rektor 1 UNPRI, Se­no Aji­ berharap, dengan dita­ndatanganinya MOU ker­jasama ini maka dapat diimplement­asikan dengan penuh komitmen antara kedua ­belah pihak.”UNPRI meru­pakan salah satu universitas yang sedang b­ertumbuh dan berkemba­ng pesat di Sumatera Utara. UNPRI terus mel­akukan  pembangunan s­arana dan prasarana y­ang mumpuni dalam men­unjang pertumbuhannya­,”ujarnya.(sm-03)