ASAHAN (suaramahardika.co.id): Kabupaten Asahan menerima penghargaan Pakarti Utama II Lomba Pelaksana Terbaik PHBS Kategori Kabupaten tingkat Nasional Tahun 2019, yang diberikan oleh Ketua TP-PKK Pusat, Erni Gundarti Tjahjo Kumolo, Senin (1/7/2019).

Dalam Lomba tersebut Asahan diwakili oleh Desa Buntu Pane, Kecamatan Buntu Pane, yang didukung oleh TP-PKK Asahan dan OPD serta masyarakat Asahan.

Penilaianya sudah dilakukan dalam beberapa tahap. Asahan masuk dalam nominator penilaian tingkat pusat dan Tim Penilai mengunjungi Kabupaten Asahan untuk melakukan penilain pada 11 April 2019 yang lalu.

Saat itu, rombongan diterima oleh Wakil Bupati Asahan H Surya yang saat ini menjabat sebagai Plt Bupati Asahan, Ketua TP PKK Asahan Hj Winda Fitrika Taufan Gama dan sejumlah pengurus TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan TP PKK Desa Buntu Pane.

Plt Bupati Asahan melalui Kadis Kesehatan dr Aris Yudhariansyah mengatakan, dalam mewujudkan Asahan sehat, salah satu upaya dan strategi yang dilakukan adalah menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk membudayakan PHBS di tingkat rumah tangga.

“Ada 16 indikator PHBS yang sudah dilakukan di Kabupaten Asahan,” ujar dr Aris kepada wartawan Senin (01/7/2019).

Menurutnya, 16 indikator tersebut masing-masing persalinan dengan difasilitasi kesehatan, pemeriksaan ibu hamil minimal lima kali, Asi eksklusif untuk balita 0-6 bulan, balita ditimbang secara rutin, mengonsumsi gizi secara seimbang, menggunakan air bersih, dan mengunakan jamban sehat.

Selain itu, juga membuang sampah pada tempatnya, lantai rumah kedap air, melaksanakan aktivitas fisik, tidak merokok, mencuci tangan dengan sabun, gosok gigi minimal dua kali sehari, tidak menggunakan miras dan narkoba, menjadi anggota jaminan kesehatan, serta pemberantasan sarang nyamuk.

“Selama ini TP PKK Asahan aktif menggelar kegiatan dalam rangka menjadikan masyarakat Asahan sehat, rutin menggelar Gerakan Masyarakat (Germas) dengan senam bersama dan gerakan makan buah,”ujar dr Aris.

Sementara itu, Kepala Desa Buntu Pane, Manten Aperi Simbolon saat dihubungi mengatakan, sangat berterima kasih kepada semua unsur yang telah mendukung sehingga Desa Buntu Pane mewakili Kabupaten Asahan dapat meraih juara nasional ini.

“Semoga kedepannya akan menjadi lebih baik dan tentunya dapat lebih berprestasi serta berdampak positif terhadap masyarakat,” ungkap Manten.sm-05