Share :

MEDAN(suaramahardika.co.id): Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) Wilayah I Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) di kampus Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab), Jalan Gatot Subroto Km 4,5 Medan, 13-14 September 2017.

Rakorwil dirangkai dengan penandatanganan naskah kesepahaman kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Unpab dan PT Telkom dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat dosen.

Ketua Aptikom Wilayah I Sumut dan Aceh Prof Dr Opim Sitompul dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu mengatakan,  tujuan utama Rakorwil untuk menggalang koordinasi dalam memajukan perguruan tinggi yang ada di Sumatera Utara.

“Ke depan kita bisa saling berkompetisi secara sehat dan saling memajukan dunia teknologi informasi (TI) khususnya di Sumatera Utara,” katanya.

Rektor I Unpab Ir Bhakti Alamsyah MT PhD menyatakan bangga dengan panitia Unpab yang dipercayakan sebagai tuan rumah Rakorwil Aptikom Sumut-Aceh.“Saya berharap Rakorwil menghasilkan terobosan di bidang IT dan sekaligus menjadi ajang silaturahmi bagi insan kampus,” kata Bhakti.

Sedangkan Ketua Aptikom Pusat Prof Dr Zainal Hasibuan mengharapkan, Aptikom Wilayah I Sumut-Aceh menyusun program kerja konkrit dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada bidang TI.

Dalam hal ini, kata Guru Besar Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI) ini, Aptikom telah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dalam bidang TI. Menurutnya, ke depan SDM bidang IT yang diakui adalah yang telah disertifikasi secara kompetensi dan profesi.

“Bidang teknologi informasi adalah salah satu bidang yang dapat meningkatkan efesiensi, efektifitas dan produktifitas. Karenanya, SDM TI harus memiliki sertifikat kompetensi,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Rakorwil, Dharmeli Nasution MKom mengatakan, Rakorwil dirangkai dengan Diskusi Panel dan Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIKOM) membahas tentang smart city planning, dan design and implementation,” terangnya.

“Rakorwil dan seminar diikuti utusan 20 perguruan tinggi di Sumatera Utara yang tergabung dalam Aptikom,” tuturnya.(sm-04)


Share :