DELISERDANG (suaramahardika.co.id): Asia-Pasific Rally Championship (APRC) Cup 2nd Round dan IMI National Rally Championship berjalan sukses. Berlangsung selama dua hari (27-28 Juli) di Rambongsialang, Serdangbedagai mendapat respon positif dari pereli dan masyarakat.

Pembalap nasional Subhan Aksa dan co-drivernya Mago Sarwono menjadi yang tercepat di kelas M.1, kemudian disusul Ryan Nirwan dan co-drivernya Garindra Kusuma dan posisi ketiga Benny Lautan dan co-drivernya Edwin Nasution. Sedangkan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah finish cukup memuaskan di posisi ke-6.

Sedangkan untuk APRC Asia Cup 2nd Round pembalap nasional Subhan Aksa dan navigatornya Mago Sarwono naik ke podium tertinggi, kemudian disusul Ryan Nirwan dan navigatornya Garindra Kusuma. Di posisi ketiga ada Benny Lautan dan navigatornya Edwin Nasution.

“Reli hari ini memuaskan karena saya tidak mendapat kendala seperti hari pertama. Trek juga bagus karena tidak hujan sehingga pereli tidak segan-segan untuk memacu kendaraannya,” kata Musa Rajekshah, Minggu (28/7/2019), usai pengumuman para pemenang di Lapangan Alun-alun Pemkab Deliserdang.

Musa Rajekshah merasa event kali ini sukses, bukan hanya dari sudut pandang relinya saja, tetapi juga dari sisi masyarakat. Menurutnya selain secara ekonomi, masyarakat juga sangat terhibur dengan adanya event ini.

“Tak sedikit yang saya dengar pedagang dari sekitar Rambongsialang terbantu secara ekonomi, yang mereka dagangkan habis semua. Bahkan bukan hanya sekitar Rambongsialang, ada yang datang dari daerah-daerah lain. Selain itu masyarakat juga terhibur, penontonnya sangat luar biasa banyak,” tambah Musa Rajekshah, yang hadir bersama Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah.

Menurut ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis suksesnya acara ini akan menjadi nilai positif pada Sumut terutama pariwisata. Dengan keberhasilan acara seperti ini menurut John Ismadi Sumut akan mendapat kepercayaan untuk menggelar event yang lebih besar.

“Meningkatkan kunjungan wisatwan adalah tujuan utama kita, salah satunya dengan cara seperti ini. Acara ini saja sudah menyedot banyak wisatawan, apalagi nanti kalo kita bisa menggelar ajang yang yang lebih besar seperti WRC. Itu besar potensinya karena kita sudah pernah menjadi tuan rumah WRC,” kata John Ismadi.

Hal senada disampaikan Ketua IMI Sumut Faisal Arif Nasution dalam waktu dekat ini Sumut kemungkinan akan menjadi tuan rumah Kejurnas Reli pada bulan Oktober. IMI juga berupaya Sumut akan menjadi tuan rumah Word Rally Cahmpionshio 2020.

” Saya sangat berteri makasih kepada Pemerintah Provinsi Sumut, Pemkab Deliserdang, Serdangbedagai dan semua warga Sumut sudah membantu mensukseskan reli ini,” kata Faisal.sm-02