MEDAN (suaramahardika.co.id)- Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi memberikan edukasi kebersihan kepada siswa SMP Negeri 38 Medan Jalan Marelan VII, Jumat (21/2/2020).

Lewat sejumlah pertanyaan terkait dengan kebersihan, Akhyar berusaha mengajak para siswa untuk mencintai kebersihan mulai sejak dini. Setiap pertanyaan yang berhasil dijawab, Akhyar lanngdung memberikan uang senilai Rp.100.000 kepada siswa yang bersangkutan. Di samping itu juga memberikan kaos guna memotivasi para siswa agar senantiasa mencintai kebersihan.

Edukasi ini dilakukan Akhyar ketika menghadiri acara Edukasi Sadar Lingkungan di SMPN 38 Medan. Dikatakan Akhyar, edukasi ini penting dilakukan untuk menanamkan rasa cinta akan kebersihan kepada para siswa. Dengan demikian para siswa nantinya dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari- harinya, sehingga sangat membantu Pemko Medan dalam upaya menjadikan Kota Medan bersih sampah.

“Coba sebutkan hadist apa yang mengharuskan umat Islam untuk hidup bersih,” kata Akhyar kepada satu dari lima siswi yang dipanggil naik ke atas panggung. “Apabila dijawab dengan benar, saya akan memberi uang,” imbuhnya seraya menunjukkan uang pecahan Rp.100 ribu.

Meski awalnya malu-malu tapi sang siswi dapat menjawabnya. Begitun uga dengan giliran empat siswi lainnya, mereka pun dapat menjawab pertanyaan yang diajukan, sehingga kelima siswi mendapatkan uang masing-masing Rp.100 ribu dari Akhyar. “Ini saya lakukan karena anak-anak lebih gampang dibentuk untuk menjadi personal yang berkultur bersih,” ungkapnya.

Dalam arahan singkatnya, Akhyar selanjutnya berpesan kepada seluruh guru agar senantiasa mengembangkan karakter dan budaya bersih kepada para siswa. Jika ini terus dilakukan, Akhyar optimis dapat membentuk para siswa menjadi pribadi yang peduli dan cinta akan kebersihan. “Jika semua siswa peduli kebersihan, insya Allah keinginan mewujudkan Medan bersih dari sampah dapat terwujud,” ungkapnya.

Usai memberikan arahan, Akhyar selanjutnya meninjau urban farming di halaman sekolah yang dikelola para siswa. Di tempat itu para siswa diajarkan bercocok tanaman dengan memanfaatkan kantong plastic sebagai sebagai wadahnya. Kemudian Akhyar mengecek kondisi kamar mandi sekolah untuk memastikan kebersihannya. Di samping itu juga mantan anggota DPRD Medan itu juga meninjau taman literasi dan menyaksikan sejumlah siswa tengah mengajar tentang proses daur ulang sampah. Terakhir, Akhyar membubuhkan tanda tangan di lukisan mural di pagar beton sekolah.

Kepsek SMPN 38 Hj Rohanim SPd MM mengucapkan terima kasih atas kedatangan Plt Wali Kota. Menurut wanita yang telah 5 tahun menjabat sebagai kepsek di SMPN 38 itu, kehadiran Akhyar tentunya sangat memotivasi seluruh siswa untuk menjaga kebersihan dan mencintai lingkungan.

”Apalagi tadi Bapak Plt Wali kota memberikan edukasi terkait kebersihan demgan sejumlah siswa. Kita sangat mengapresiasinya, semoga anak-anak semakin mencintai kebersihan. Ditambah lagi tahun ini, kita sedang menuju Sekola Adiwiyata Mandiri setelah sebelumnya kita berhasil meraih Adiwiyata Nasional. Untuk itu kita minta doa dan dukungan emua sehingga berhasil meraihnya,” ungkap Rohanim.sm-04