Oleh : Dr. Aswan Jaya

Salah satu kabupaten yang paling beruntung di antara daerah lain di Sumatera Utara adalah Labuhanbatu. Ada beberapa alasan untuk hal ini, pertama kabupaten ini memiliki berbagai kekayaan sumber daya alam terutama di sektor perkebunan, pertanian dan kelautan.

Kedua, Kabupaten Labuhanbatu memiliki sumber daya manusia yang banyak dan mumpuni. Salah seorang diantaranya adalah Agus Marwan.

Pria yang lahir di Desa Sidorukun, Kec. Pangkatan, Labuhanbatu itu cukup fenomenal terutama dalam bidang pemberdayaan masyarakat dan gerakan literasi.

Gerakan literasi ini dimaksudkan untuk menumbuh-kembangkan budaya berliterasi masyarakat Sumatera Utara. Tujuannya adalah untuk membawa masyarakat Sumatera Utara pada periode peradaban yang cemerlang.

Tidak hanya dalam gerakan literasi, Agus Marwan yang juga aktivis demokrasi ini adalah seorang intelektual yang telah banyak menulis buku dan beberapa di antaranya telah di publis diberbagai media baik nasional maupun internasional.

Agus Marwan juga memiliki kemampuan komunikasi yang cukup baik, terbukti beliau memiliki jaringan NGO internasional dan namanya termasuk salah satu rekomended yang diakui.

Karena itulah, Agus Marwan sebagai putra daerah Kabupaten Labuhanbatu dapat di jadikan sebagai pintu masuk untuk sebuah peradaban baru di kabupaten “Ika Bina en Pabolo” itu.

Dalam rangka Pilkada Labuhanbatu tahun 2020 yang akan datang, sudah saatnya masyarakat Labuhanbatu memberikan kesempatan kepada Agus Marwan untuk mendedikasikan kemampuan dan jaringannya dalam membangun tanah kelahirannya.( Penulis adalah Direktur Institut Aswaja : Konsultan Komunikasi dan Riset)