Berita  

30 Relawan Pemilu Sumut Jalani Seleksi

Komisioner KPU Sumut Benget Silitonga dan Iskandar Zulkarnain sedang mewawancarai relawan Pemilu dari komunitas disabilitas

MEDAN (suaramahardika):30 Relawan Pemilu mengikuti seleksi sebagai calon peserta Jambore Nasional (Jamnas) Relawan Pemilu di Sentul Jakarta 14 Agustus 2017 mendatang.Seleksi ini dimulai 11-13 Juli 2017 di Kantor KPU Sumut.

Komisioner KPU Sumut Bidang Humas Yulhasni,Kamis (13/7/2017) mengatakan seleksi ini akan memilih dua orang untuk dikirim mengikuti Jamnas di Sentul Jakarta.Dua orang Relawan Pemilu yang terpilih itu akan diberikan dana Rp 10 juta perorang yang akan digunakan untuk aktivitas mereka di Sumut dalam waktu sebulan ini.” Jadi dalam seleksi ini para relawan kita minta untuk mempresentasikan kegiatan mereka dalam kurun waktu sebulan ini lengkap dengan kegiatan,output serta dananya seperti dalam bentuk proposal.Presentasi peserta yang kita nilai baik itulah yang akan kita loloskan,” kata Yulhasni.

Senada dengan Yulhasni Komisioner KPU lainnya, Iskandar Zulkarnain mengungkapkan hasil kegiatan dua relawan yang dilakukan di Sumut ini akan mereka presentasikan juga pada Jamnas di Sentul Jakarta.

“Ada¬† 4 kriteria yang dinilai dari masing-masing relawan pemilu yakni, apa yang sudah dilakukan. Apa yang direncanakan, target dari rencana itu serta out put (hasilnya),”tuturnya.

Pria berkacamata itu pun menyebut masing-masing relawan diberikan kesempatan untuk memaparkan rencana kegiatan yang sudah dituangkan kedalam proposal.

“Pada intinya relawan ini dibentuk dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat. Mayoritas relawan ini berasal dari komunitas, dan dari berbagai macam profesi,”akunya.

Dia juga berharap agar relawan ini nantinya bekerja bukan hanya untuk agenda pilgubsu. “Kita harapkan secara berkelanjutan, setelah pilgubsu ada pemilu dan pilpres serentak 2019. Melalui komunitasnya, mereka bisa mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih pada setiap agenda pesta demokrasi,”pungkasnya.(sm-04)